Home » Magister ( S-2 )

Magister ( S-2 )

  1. 1.      Integritas Program

Pada awalnya hasil studi kelayakan yang dilakukan dalam rangka pendirian Program Studi, menunjukkan bahwa kebutuhan akan sumber daya manusia yang berkualitas dalam menguasai Hukum dan Kebijakan Publik maupun Hukum Bisnis sangat tinggi. Namun demikian kebutuhan ini belum bisa dilayani oleh Program Magister di lingkungan Jawa Tengah, DIY dan sekitarnya secara optimal. Oleh karena itu dalam merespon dan mewujudkan komitmen pendidikan tinggi guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, Program Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret membuka konsentrasi Hukum dan Kebijakan Publik, serta Hukum Bisnis, sebagai fokus program studi guna memenuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat.

Selanjutnya dalam perkembangannya, ada kerjasama Mahkamah Agung RI untuk meningkatkan sumber daya manusia para Hakim Pengadilan Agama se-Jawa Tengah dibuka Konsentrasi Ekonomi Syariah dan untuk meningkatkan sumber daya manusia tenaga eselon II Departemen Kehutanan se-Indonesia, dibuka Konsentrasi Hukum Pidana Ekonomi.

Pengenalan dan pembentukan citra Program Studi dilakukan melalui  penilaian kebutuhan (needs assesment), karya  mahasiswa di berbagai instansi, kegiatan ilmiah Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan penelusuran alumni, sosialisasi ke berbagai perguruan tinggi, instansi pemerintah maupun swasta, kelompok-kelompok profesional, dan masyarakat melalui leaflet (Lampiran A1).

Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat, Program Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret berupaya :

  1. Secara Internal

1)      Melakukan pengkajian dan pengembangan model pendidikan hukum yang berorientasi pada perluasan kajian-kajian hukum.

2)      Melakukan kajian yang berorientasi mendekatkan dengan kebutuhan-kebutuhan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan sosial (the social problem).

  1. Secara Eksternal

1)      Menyiapkan sumberdaya manusia yang memiliki keahlian dibidang hukum sesuai dengan minat studi.

2)      Memberi stimulus pada masyarakat melalui SDM yang dihasilkan untuk melakukan perubahan.

3)      Menyiapkan sumber daya manusia yang mempunyai keahlian dibidang hukum sesuai dengan minat studi.

Memberikan pendidikan kepada mahasiswa sehingga mahasiswa dapat menunjukkan kemampuan di bidang hukum sesuai dengan minat studi.

 

  1. 2.      Jatidiri

Program Magister Ilmu Hukum didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 2591/D/2001 Tanggal 6 Agustus 2001 Tentang Ijin Penyelenggaraan Program Pascasarjana di Lingkungan Universitas Sebelas Maret dan telah mendapat Sertifikat dan Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 00458?Ak-III/S2-078/USFMHK/VII/2004 tertanggal 2 Juli 2004 dengan nilai terakreditasi “ A “ dan berlaku selama 5 tahun. Pada perkembangan selanjutnya, Program Studi Ilmu Hukum yang semula berada di bawah Program Pascasarjana UNS, berdasarkan PP 60 Tahun 1999 Tentang Pendidikan Tinggi, yang menyebutkan bahwa suatu program studi yang memiliki bidang ilmu mono disiplin merupakan bagian dari suatu fakultas, maka pada tahun 2007 Program Studi Ilmu Hukum diintegrasikan ke Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta, berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Sebelas Maret No. Nomor 778/H27/PP/2007 Tentang Pengelolaan Program Magister (S2) dan Doktor (S3) Universitas Sebelas Maret (Lampiran A2).

Foto 1

Gedung Program Magister Ilmu Hukum

Fakultas Hukum UNS

 

 

Langkah pengintegrasian Program Magister Ilmu Hukum ke dalam Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta sesuai dengan PP No. 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi dan memberikan cerminan jatidiri yang kuat mengenai disiplin ilmu program studi di samping kejelasan lokasi serta pengelolaannya.

Program Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret beralamat di Jalan Ir. Sutami Nomor 36 A, Kentingan – Surakarta, Nomor Telpon 0271 – 666450, 664989 ext. 133 dan Fax. 0271 – 666450.

  1. 3.      Visi

Seiring cita-cita Universitas Sebelas Maret menuju World Class University, melalui analisis yang tajam mengenai peluang dan perkembangan di masa mendatang, Program Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret memancangkan visi :

Sebagai Program Magister ilmu hukum terkemuka dalam kajian dan pengembangan ilmu hukum dan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berwawasan global, professional dan bermoral yang memiliki daya saing internasional ”.

 

  1. 4.      Misi    

Guna mewujudkan visi tersebut, maka Program Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum UNS telah menetapkan misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang memiliki daya saing yang berorientasi di tingkat nasional dan internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian-penelitian yang berorientasi pada pengembangan ilmu hukum sejalan dengan dinamika di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Menyelenggarakan pendidikan hukum yang menunjang pembangunan nasional di bidang hukum, khususnya hukum bisnis,  hukum dan kebijakan  publik, hukum pidana ekonomi, serta ekonomi syariah.
  4. Menyelenggarakan pendidikan hukum bagi perubahan masyarakat Indonesia yang paralel dengan dinamika internasional yang mengedepankan nilai-nilai keadilan, kebenaran dan kejujuran, serta kesejahteraan masyarakat.

 

  1. 5.      Sasaran    

Berkesesuaian dengan visi dan misi di atas, sasaran Program Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret, adalah :

  1. Menghasilkan kualitas lulusan berwawasan global agar mampu mengambil bagian dalam perkembangan dan pengembangan ilmu hukum.
  2. Meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memanfaatkan cara-cara berfikir alternatif dalam pengembangan ilmu hukum dan hukum.
  3. Meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengemukakan ide, konsep dalam proses harmonisasi hukum sejalan dengan globalisasi bidang hukum.
  4. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merekonstruksi ide-ide dan konsep hukum sehingga sejalan dengan dinamika global dan kepentingan nasional.
  5. Menjadikan Program Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret sebagai pusat kajian dalam pembangunan hukum nasional khususnya dibidang Hukum Bisnis, Hukum dan Kebijakan Publik, Hukum Pidana Ekonomi dan Ekonomi Syariah.
  6. Menjadikan Program Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret sebagai referensi pengkajian, rujukan dalam pengembangan sistem hukum di Indonesia yang sesuai dengan nilai-nilai keadilan kebenaran, kejujuran dan kesejahteraan nasional.
  7. Menjadikan Program Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret yang memberi kontribusi dalam peningkatan pemahaman masyarakat terhadap hukum yang berkeadilan, berorientasi pada kebenaran, kejujuran dan kesejahteraan sosial.

 

  1. 6.      Tujuan

Sesuai dengan visi, misi dan sasaran yang diuraikan di atas, tujuan Program Magister Ilmu Hukum adalah menyiapkan Sumber Daya Manusia yang mempunyai keahlian (expert) dan profesional di bidang Hukum Bisnis, Kebijakan Publik, Pidana Ekonomi dan Ekonomi Syariah. dengan lulusan yang berkualifikasi sebagai berikut :

  1. Menghasilkan lulusan yang imajinatif dan eksploratoris, analitis dan kritis dalam pengembangan ilmu hukum yang sejalan dengan dinamika global.
  2. Menghasilkan lulusan yang menguasai pengetahuan dan kemampuan teoritisi, konseptual dan ketrampilan praktis khususnya dalam bidang bisnis, hukum dan kebijakan publik, hukum pidana ekonomi dan ekonomi syariah yang visible dalam ranah global dan nasional.
  3. Menghasilkan lulusan yang dapat mengisi peluang pendidikan S3 baik di luar negeri maupun dalam negeri.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengambil bagian yang penting dalam proses pengembangan ilmu hukum dan pembangunan hukum di Indonesia.
  5. Menghasilkan lulusan yang bermoral, sehingga memiliki komitmen pada keadilan, kebenaran, kejujuran dan kesejahteraan sosial.
  6. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan ilmu hukum melalui penelitian-penelitian yang berorientasi pada peningkatan dan pengembangan ilmu hukum yang bermanfaat bagi masyarakat.